CONTOH RPP MATEMATIKA KLAS 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
5 /1
Pelajaran : Bilangan Berpangkat dan Akar Pangkat
Sub
Pelajaran : Bilangan Berpangkat
Pertemuan : 1
Alokasi waktu :
90 menit
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
3.1. Menjelaskan dan
melakukan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat
dua dan tiga) bilangan cacah |
3.1.1. Memahami arti dan cara mengopersikan pemangkatan
(pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga)
bilangan cacah |
4.1. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan
penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah |
4.1.1.
Mengidentifikasi masalah dan latihan soal yang berkaitan dengan pemangkatan
(pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga)
bilangan cacah |
C. TUJUAN
- Siswa mampu memahami arti dari bilangan
berpangkat
- Siswa mampu menjelaskan dari bilangan berpangkat
- Siswa mampu memahami operasi bilangan
berpangkat dua dan tiga.
- Siswa mampu mengidentifikasi masalah tentang bilangan berpangkat
- Siswa mampu menyelesaikan masalah tentang bilangan berpangkat
D. MATERI
- Bilangan berpangkat
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing, 2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa. 3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan 4. Guru memberi motivasi dan kegiatan untuk menambah konsentrasi siswa 5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak. 6. Guru mengulas kembali materi yang disampaikan sebelumnya 7. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A. Mengamati
B. Menanya 1.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang
disampaikan 2.
Siswa
menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami tentang bilangan berpangkat 3.
Guru
menjelasakan pertanyaan siswa C. Menalar 1.
Siswa
mencoba berdiskusi dengan temannya tentang bilangan berpangkat 2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan
hasil diskusi tentang bilangan berpangkat dua dan tiga dengan bimbingan guru 3. Guru memberikan pembenaran dan masukan apabila terdapat
kesalahan atau kekurangan pada siswa 4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang bilangan
berpangkat dua dan tiga D. Mencoba 1.
Guru
memberikan beberapa soal latihan kepada siswa tentang bilangan berpangkat. ·
62= …. ·
33= …. 2. Guru
meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu 3. Guru
menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas
secara bergantian Hasilnya; ·
6 x 6 = 36 ·
3 x 3 x 3
= 27 E. Mengkomunikasikan
|
65
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
1. Guru memberikan penguatan materi dan kesimpulan dari bilangan
berpangkat 2. Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberikan
motivasi 3. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak 4. Salam dan do’a penutup. |
15
menit |
G. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Kelas 5 dan Buku Siswa Kelas 5 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2016).
2. BSE KTSP
3. Software Pengajaran
kelas 5 SD/MI dari JGC
H. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap,
tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja
sesuai dengan rubrik penilaian sebagai berikut;
Butir soal;
- 232 =
….
- 453 =
….
- 152 =
….
- 123 =
….
- 52 =
….
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui Kepala Sekolah, ……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Matematika Kelas 5 , ……………………………… NIP…………………………. |
0 Response to "CONTOH RPP MATEMATIKA KLAS 5"
Posting Komentar