KERUSAKAN EKOSISTEM


Kegiatan Yang Dapat Merusak Keseimbangan Ekosistem


Sebagai mahluk social kita tidak lepas dari factor lingkungan dan alam mayapada.ekosistem alam apat terganggu karena ullah manusia.salah satunya adalah pemanfaatan bagian-bagian tertentu dari hewan dan tumbuhan.akibatnya beberapa jenis tumbuhan dan hewan banyak yang mendekati kepunahan.untuk mengatasi hal tersebutperlu diadakan pelestarian mahluk hidup.

Ekosistem ini merupakan hubungan timbal-balik antara komponen hidup dan komponen tidak hidup.komponen hidup meliputi,produsen,konsumen dan pengurai.semenytar itu komponen tidak hidup dapat berupa benda-benda tidak hidup yang terdapat disekitar kita.

Apabila salah satu dari unsure tersebut tidak ada maka keseimbangan ekosistem akan terganggu.gangguan terhadap ekosistem dapat terjadi karena faktir alam dan kegiatan manusia.faktor alam dapat berupa,bencana alam,gunung meletus,kekeringan,badai,banjir,longsordan kebakaran hutan.
Adapun paktor yang kedua yaitu,kegiatan manusia yang dapat merusak keseimbangan ekosistem.

1.perpindahan penduduk.


Perpindahan penduduk dapat menyebabkandaerah yang didatangi menjadi sangat padat penduduknya.perpindahan penduduk dari desa ke kota dapat menyebabkan bertambahnya jumlah penduduk kota.yang pada ahirnya kota yang dipindhi atau yang ditempati akan bertambah padat. kepadatan penduduk dapatt menyebabkan perkampungan  atau daerah yang ditempati menjadi kumuh.

Perkampungan yang kumuh dapat menyebabkkan kwalitas kesehatan manusia terganggu.selain itu meningkatnya jumlah penduduk juga  mengakibatkan pencemaran lingkungan,hingga pada ahirnya dapat menyebabkan ketiadakseimbangan ekosistem.

2.penebangan liar dan pembakaran hutan.



Penebangan dan pembakaran hutan secara liar,disadari atau tidak akan menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem alam.mereka melakukan ini semua untuk membuka lahan baru atau mengambil kayu sebagai kebutuhan hidup.akibatnya tumbuhan akan punah,hewan akan kehilangan tempat tinggalnya

Selain itu hutan yang gundul tidal mampu menahan resapan air hujansehingga mudah terjadi bencana alam,longsor,banjir.yang lebih parah lagi banjir dan longsor juga dapat membuat manusia kehilangan harta benda,bahkan nyawa manusiapun juga terancam.

3.penggunaan bahan kimia yang berlebihan


Manusia menggunakan bahan kimia untuk berbagai setiap kepentingan,baik rumah tangga,pertanian,industry.salah satunya diterjen,banyak digunakan sebagai bahan pembersih.bahan ini menghasilkan busa yang dapat mencemari lingkungan.apalagi busa tersebut dibuang atau  dialirkan ke sungai.ahirnya sinar matahari tidak memembus kedalam perairan.akibatnya proses pertumbuhan air menjadi terganggu.

Penggunaan pestisida yang berlebihan dapat berdampak negative karena dapat membunuh hewan lain yang menguntungkan.

4.penggunaan kendaraan bermotor


Bahan bakar dibutuhkan untuk menjalankan kendaraan bermotor.bahan bakar tersebut dapat berupa bensin dan solar.penggunaan bahan bakar tersebut dapat menyebabkan polusi udara pembakaran tersebut menghasilkan karbondioksida.ahirnya jumlah karbondioksida menjadi bartambah ahirnya bumipun menjadi semakin panas sehingga dapat menyebabkan beberapa mahluk hidup sulit beradaptasi hingga pada ahirnya mati.

Matinya hewan-hewan tersebut dapat menyebabkan keseimbangan ekosistem terganggu.

5.Perburuan liar.


Sebagian manusia gemar melakukan kegiatan perburuan liar ini baik terhadap hewan maupun tumbuhan.manusia melakukan perburuan tersebut untuk tujuan-tujuan tertentu.perburuan tersebut dapat meenyebabkan kelangkaan hewan dan tumbuhan tertentu.jika tidak segera dihentikanperburuan seperti ini dapat menyebabkan kepunahan hewan dan tumbuhan tertentu.hingga ahirnya menyebabkan keseimbangan eekosistem terganggu.

6.perusakan terumbu karang.


Terumbu karang merupakan rumah bagi ikan-ikan laut.terumbu karang ini mempunyai bentuk dan warna yang indah.ada sebagian kalangan yang mengambil terumbu karang ini untuk dijadikan hiasan.pengambilan seperti ini dapat menyebabkan keberadaan terumbu karang musnah atau habis.hingga ahirnya ikan-ikan yang ada dilaut kehilangan tempat tinggalnya.ekosistem lautpun akan terganggu.

Jika hal ini ditinggalkan secara terus menerus maka lambat laun ikan-ikan kecil akan musnah atau habis karena dimangsa oleh ikan-ikan besar.adapun penyebabnya karena hilang atau rusaknya tempat tinggal ikan tersebut.

Dengan adanya informasi ini semoga kita dapat mengambil manfaatnya.

0 Response to "KERUSAKAN EKOSISTEM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel