Cara Tepat Untuk Mengolah Bahan Makanan


Cara mengolah bahan makanan

Mengolah makanan tentunya bukan hal baru dalam setiap kehidupan rumah tangga,rumah makan ,warung nasi dan sebagainya.akan tetapi hal kecil seeperti ini akan berdampak besar terhadap keseehatan tubuh apabila kita tidak paham benar dalam mengolah bahan-bahan makanan.pada kesempatan ini kami ingin berbagi pengetahuan dengan pamiarsa para pembaca. Yang pada ahirnya akan menambah kenikmatan makan dan tidak menghilangkan kandungan-kandungan gizi yang terdapat didalam bahan makanan.

Dalam hal ini kami bertujuan agar kandungan gizi yang terdapat dalan bahan makanan tidak hilang.setiap bahan makanan harus diolah sesuai dengan sifat-sifat bahan bahan makanan tersebut. Sebagai suatu contoh,Beras ,beras mengandung banyak vitamin B1.vitamin ini sifatnya larut dalam air.sebaiknya beras yang dicuci jangan terlalu lama dan dimas-remas terlalu lama.apabila hal itu kita lakukan maka kandungan vitamin yamng terdapat didalam beras akan hilang.apalagi dilarutkan terlalu lama maka vitaminnya akan larut atau hilang.

Sayuran,dalam mengolah sayuranpun juga ada aturannya. Kandungan gizi dalam sayuran dapat dipertahankan apabila sayuran tersebut diolah dengan benar dan tepat.apa yang harus kita lakukan ketika ingin memasak sayuran?

Inilah langkah-langkah dalam mengolah sayuran agar kandungan vitaminnya tidak hilang.

1.cucilah terlebih dahulu sebelum sayuran itu dipotong.


2.memasak sayuran tidak terlalu lama atau jangan terlalu matang.



3.dalam memasak sayuran panic hendaknya dalam keadaan tertutup.


Sayuran yang telah matang sebaiknya diletakkan dipiring yang sudah bersih.dan disimpan dilemari yang bersih juga.selain itu juga terdapat beberapa jenis sayuran yang dapat dikonsumsi secara mentah.sayuran jenis ini biasanya digunakan sebagai makanan lalapan seperti,sayur kol,selada kacang panjang dan daun kemangi.

ketika kita menemui makanan jenis mentah ini cucilah terlebih dahulu dengan bersih agar terhindar dari berbagai jenis kuman dan penyakit.

Inilah tips cara mengolah bahan makanan yang benar dan tepat agar kandungan vitaminnya tidak hilang.semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Tepat Untuk Mengolah Bahan Makanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel