MANFAAT TELUR AYAM KAMPUNG


Nenek moyang kita teryata sangat peka terhadap kesehatan.dibuktikan dengan kebiasaan masyarakat desa yang senang akan pemeliharaan segala jenis hewan dan unggas,dalam hal ini pemeliharaan terhadap ayam kampong.ayam kampong sangat banyak manfaatnya,selain dagingnya yang sangat lezat dibandingkan ayam- ayam lainnya.bulunya juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan bahan baku kemucing,telur ayam kampungpun juga tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan bagian-bagian ayam lainnya.  

Telur ayam kampung lebih didapatkan di pasar-pasar terdekat,adapun manfaatnya sangat manjur dan ampuh untuk kesehatan.akan tetapi pada umumnya yang lazim dikonsumsi banyak orang yaitu telur yang berasal dari ayam kampung, bebek, angsa, beberapa jenis telur burung. .
Telur ayam saja terbagi juga atas 2 jenis yang diketahui secara umum oleh masyarakat yaitu telur ayam kampung dan telur ayam ras (ayam potong). Dari hasil sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan gizi dan nutrisi dalam ayam kampung lebih banyak dari pada ayam potong.
Telur ayam kampung sebagai bahan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan tubuh terlebih bagi anak-anak. Hal itu dikarenakan kandungan omega 3 yang baik bagi masa pertumbuhan dan perkembangan anak.
Kandungan gizi telur ayam kampung diantaranya;

1.Energi 195 kka
2.Protein 12 gram
3.Lemak 14,2 gram
4.Karbohidrat 0,7 gram
5.Kalsium 65 miligram
6.Fosfor 235 miligram
7.Zat besi 3,3 miligram
8.Vitamin A 234 IU
9.Vitamin B1 0,31 miligram

Manfaaatnya antara lain ;
1.Menyehatkan jantung.
Antioksidan yang terkandung didalam telur mentah sangat baik bagi kesehatan jantung. Kandungan Antioksidan yang ada dalam 3 butir telur ayam kampung, lebih banyak dua kali lipat dibandingkan dengan sebuah apel. Bagi anda yang staminanya turun dan menderita penyakit jantung silahkan mengkonsumsi telur ayam kampung mentah.
2. Mencegah kanker.
Telur terkenal sangat ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit karena kandungan nutrisinya sangat banyak.  Tripofan dan tirosin adalah salah satu nutrisi yang terkandung dalam kuning telur mentah. Kuning telur mentah sangat berguna untuk zat antikanker,ditambah ramoan 3 ruas jahe dan 3 buah jeruk nipis..
3. Sebagai sumber karbohidrat
 Orang yang mengkonsumsi telur ayam kampung sebayak 7 butir,ditambah madu stamina tubuhnya akan fit sepanjang hari.karena telur dapat memberikan energy maksimal untuk kebutuhan tubuh.karena kandungan protein,karbohidrat,dan zat besi sangat tinggi.ketika tidak ada madu ,boleh diminum dengan secangkir kopi hitam.
4. Menambah proses pembentukan otot
Telur ayam kampong yang direbus sangat bagus untuk membentuk otot-otot tubuh baik untuk pekerja keras maupun seorang atlet.selain itu ,telur ayam kampong yang dikonsumsi mentah ternyata juga dapat membantu program diet.
5, Mengurangi kolestrol dan lemak
Bagi anda yang suka mengkonsumsi telur ayam goreng,sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan yang kurang baik tersebut karena telur ayam goreng banyak mengandung kadar lemak dan kolestrol yang sangat tinggi.sedangkan mengkonsumsi telur ayan
6 .Mencegah katarak pada mata.
Mata termasuk bagian organ tubuh yang sangat penting dan sensitip terhadap benda asing.oleh karena itu perawatan dan pemeliharaan indra penglitan ini sangat penting.penyakit mata seperti miopi,hipermitropi,presbiopi,rabun senja,buta warna,mata merah,dan kararak.penyakit katarak bisanya menyerang orang lajut usia.mata yang menderita katarak tampak diselimuti lapisan putih.sehingga sulit untuk melihat.penyakit katarak seperti ini teryata dapat dicegah dengan mengkonsumsi telur ayam mentah dengan teratur..
7. Menambah stamina
Kandungan selenium yang terdapat dalam kuning telur mentah dimana mineral selenium tersebut sangat dibutuhkan oleh pria dalam pembentukan hormon dan kualitas sperma. Dalam satu butir telur hanya mampu memenuhi 10% dari kebutuhan selenium tubuh seorang pria.sehingga ketentraman dan keharmonisan dalam seatu keluarga akan selalu tercipta.
8. Mengatasi gangguan pada paru-paru..
Telur ayam kampong mentah ternyata banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita.Mengkonsumsi telur ayam mentah ternyata juga dapat menyembuhkan gangguan pada organ paru-paru.te bagi pendrutama bagi penderita penyakit emphysema.
9. Mencerahkan kulit wajah.
Bagian dalam telur ayam kampong yang berwarna putih lebih kental dibandingkan dengan putih telur ayam lainnya.ketika mengkonsumsi telur ayam kampong itulah sebaiknya putih telur tersebut jangan dibuang,karena putih telur tersebut dapat mengangkat sel-sel tubuh kulit yang mati dan menggantikannya dengan yang baru.sehingga kulit eajah kita akan tampak lebih cerah dan bercahaya.
10. Menghilangkan jerawat.
Putih telur ayam dapatmenghilangkan jerawat,komedo dan menghilangkan bintik=bintik hitam apda wajah.caranya oleskan putih telur ke bagian wajah wajah,tinggalkan dalam waktu beberapa menit,setelah itu bersihkan kembali sehingga kulit wajah menjadi bersih. Kandunga kuning telur ayam kampong teryata juga dapat memperindah mata.sehingga mata akan tampak kelihatan cantik

Itulah manfaat telur ayam kampung yang kami ketahui,semoga dengan artikel ini kami dapat berbagi informas.semoga bermanfaat.

0 Response to "MANFAAT TELUR AYAM KAMPUNG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel