BUDI DAYA KUBIS


BUDI DAYA KUBIS



Kubis atau kola tau engkol yang kita kenal sekarang.pada asal mulanya merupakan tanaman liar dari daerah subtropics.berdasarkan penelusuran dan penelitian dari brebagai sumber dan literature,sedikit terungkap tentang sekelumit sejarah tanaman kubis ini.tanaman kubis ini diyakina berasal dari EROPA DAN ASIA KECIL.terutama di daerah mediteranea.
Adapun tanaman kubis ini banyak dugaan berasal dari kubis lia r( BRASSICA OLERACIA VAR SYLVESTRIS ) yang tumbuh diseitar laut tengah,inggris,Denmark,dan disebelah utara Prancis barat,serta pantai Glamorgan.
Semula tanaman kubis liar ini tumbuh menahun /perennial dan dua musim /beinnual.beberapa minggu kemudian setelah penen dari biji yang berjumlah 5000 tanaman menjadi 70.000 biji kubis.setelah itu dilakukan penanaman kembali secara turun temurun sehingga dimnfaakan sebagai bahan makanan.



Orang-orang inggris menemukan tanaman ini pada mulanya berbentuk bulatan-bulatan telur.sekitar tahun 1500-2000 sebelum masehi.oleh orang-orang mesir dan yunani kuno.pemeliharaan.pemeliharaan tanaman kubis ini pertama kali terjadi di Eropa,setelah melaupaui kurun waktu 100 tahan tanaman ini menjad popular sebagai bahan makanan.jadi tidak heran lagi jika sebagian kalangan orang menyebut tanaman kubis iniyang ada sekarang ini merupakan hasil seleksi dari tumbuhan kubis liar yang tumbuh sejak 2000 tahun yang lalu.




Kapan tanaman kubis ini didatangkan ke Indonesia ? sampai saat ini tidak ada keterangan atau bukti yang pasti,menurut sebagian informasi tanaman ini dibawa ke Indonesia oleh orang Spanyol dan Belanda pada abad ke XVII.adapun pembudidayaannya secara serius dimulai pada abad kr XIX.kurang lebih tahun 1959 lambat laun berbagai jenis tanaman ini berkembang dengan pesat.terutama di daerah dataran tinggi.
Sampai saat ini tanaman kubis ini termasuk jenis tanaman kokersial yang dihasilkan oleh Negara Indonesia.tanaman kubis ini mempunyai nilai ekonomi dan social yang tinggi ,karena dijadikan salah satu sumber nafkah dan penghasilan para petani dalam rangka meningkatkan tarap hidup rakyat Indonesia.selain itu jenis tanaman ini juga menjadi komoditas ekspor untuk menambah devisa Negara.
Inilah sekelumit sejarah singkat tentang asal mula tanaman kubis yang dapat kami informasikan.yang sampai saat ini tanaman ini banyak dikenal diberbagai Negara penjuru dunia.semoga bermanfaat.

0 Response to "BUDI DAYA KUBIS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel